Minggu, 04 Juli 2010

Sejarah Habbatussauda

Apa itu Habbatussaudah ? Banyak orang menyebutnya dengan berbagai nama, Diantaranya black seed, black caraway, black seed, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Habbatussauda di temukan didaerah Perkuburan Tutankhamen, Yaitu Pada Zaman Mesir Kuno karena Tumbuhan ini memiliki peranan penting dala kehidupan pada saat itu.

Sejarah Habbatussauda Dalam Dunia Islam

Dalam Dunia Islam Banyak sekali Literatur yang membahas Bahwa Habbatussauda, black seed atau Jinten Hitam ini digunakan Sebagai Produk Olahan Jenis Tumbuhan Herbal dalam dunia pengobatan, Sejak 2000-3000 tahun SM dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu, seperti :

•Ibnu Sina (980 - 1037 M),
•Al-Biruni (973-1048 M),
•Al-Antiki,
•Ibnu Qayyim,
•Al-Baghdadi,
•Dan ada juga Ahli Pengobatan Yunani Kuno (Abad Pertama Masehi) Yang menjelaskan, Bahwa Habbatussauda bermanfaat Untuk Pengobatan Sakit Kepala dan Saluran Pernafasan.


Dan Rasulullah Muhammad SAW bersabda: 



"Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut"

Dan Hadits ini diriwayatkan juga oleh Bukhari (10:118-119);Muslim(7:25);Ibnu Majah (2:342);Termidzi (2:3 pada edisi BulaQ) ; dan Ahmad (2:241)


Dan dalam Bahasa Arab Habbatussauda Disebut juga Habbatu Barakah ,
Yang Berarti “ Biji-Bijian Yang Mengandung Banyak Rahmat”

Kesimpulan, Bahwa sekarang kita tahu Sejarah Habbatussauda dan Penjelasan yang dapat menjadi dasar bagi Dunia Pengobatan. 


By : Jendela Herbal ( Di ambil dari berbagai sumber : Wikipedia, Sweetsunnah)